Selasa, 10 Juni 2014

MIWF 2014, SAYA KECEWA!


Merasa berutang tapi tidak pada siapa, apa, dan berapa. Pokoknya harus jadi satu sebagai permulaan. Just do it!!!

Sepenggal kalimat di atas sungguh mewakili rasa saya setelah mengikuti closing ceremony Makassar International Writers Festival 2014 dan beberapa rangkaian acara sebelumnya. Saya merasa sangat berutang, berutang pada diri saya sendiri, jika dari acara besar saya tidak mampu menghasilkan satu tulisan. Maka mulailah saya menulis tentang MIWF 2014. Event kepenulisan tingkat internasional yang pertama kalinya saya ikuti. Namun sayang, saya harus kecewa karena acara besar ini.

Sebelum menguraikan kekecewaan saya, saya akan sedikit bercerita tentang MIWF. MIWF digagas oleh Ibu Lily Yulianty Farid. MIWF pertama kali diadakan tahun 2011 dan merupakan program tahunan Rumata’ Artspace. Acara ini digelar dengan suasana santai dan informal dengan beragam program. Sehingga menjadi ajang diskusi yang sangat menarik. 
Bagi saya pribadi, acara ini baru saya ketahui tahun ini. Awalnya saya membaca beberapa postingan di twitter dan facebook. Tapi saya belum tertarik sedikit pun untuk turut serta dalam acara ini. Cukup sekedar tahu. Karena saya tidak tahu acaranya seperti apa, bagaimana bisa nimbrung di sana, dan berbagai pertanyaan lainnya yang saya tidak berusaha mencari jawabannya. Bahkan bergabung di komunitas penulis pun belum bisa menjadi solusi untuk aktif di kegiatan kepenulisan seperti ini. Sampai akhirnya Kak Niar, ketua grup Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) Makassar memberikan penawaran kepada anggota grup untuk mendaftarkan diri di workshop penulisan cerita anak di MIWF. Pada workshop ini, Ibu Lily menyiapkan 10 kursi untuk anggota IIDN. IIDN keren! 
Setelah tiba waktu yang telah dijadwalkan, saya sebenarnya agak malas untuk ikut. Yah karena alasan klasik dan terlalu mengada-ada, alasan para pemalas. Panas dan rumah saya jauh. Hehehe… tapi sebagai bentuk pertanggungan jawab pada Kak Niar karena sudah mendaftar, saya berangkatlah dari rumah sekitar pukul 2 siang. Panaskan? Jam tidur pula  hehehehe... yah lebaynya sih dengan sedikit menyeret-nyeret kaki saya pun sampai di Main Hall Benteng Rotterdam 12 menit lewat dari jadwal acara. Tapi syukurlah acara belum dimulai.
Karena pemateri Clara Ng tidak bersedia hadir, maka workshopnya diganti An Authentic Story Teller. An Authentic Story Teller dibawakan oleh Gina S. Noer. Siapa dia? Dia adalah seorang penulis skenario. Dan skenario yang dibuatnya adalah film-film yang masuk list kesukaanku; Ayat-ayat Cinta dan Habibie Ainun. Bangga dan luar biasa, itulah perasaan yang seakan meledakkan morfin kabahagiaan di diri saya. Hari itu, saya berada diantara orang-orang hebat. Gina S. Noer menjelaskan beberapa point tentang how to be a story tellar? 1) Latihan, 2) Tahu apa yang penting untuk diceritakan, 3) Perfect practice makes perfect, 4) Pilih jalur yang benar, 5) Sadar kemungkinan pengembangan konten.  
Hari berikutnya, saya pun kembali hadir di cara MIWF 2014. Bincang-bincang dengan Prof. Janet Steele tentang Journalism Islam in Indonesia dan Malaysia Best Western Hotel. Prof. Janet Steele adalah peneliti jurnalisme yang membandingkan beberapa majalah dan koran terbitan yang ada di Indonesia dan Malaysia. Dengan bahasa Indonesia yang lumayan lanccar untuk dia menjelaskan tentang perbedaan besar jurnalisme Indonesia dan Malaysia. Termasuk perbedaan ideologi para wartawan kita dengan negara tetangga itu. Salah satunya anti kebohongan yang dianut wartawan-wartawan Malaysia. Sebagian dari mereka rela berhenti dari pada menyajikan berita yang tidak sesuai dengan fakta. Nah bagaimana dengan wartawan di negara kita?  
Jejak kita lanjutkan ke Benteng Rotterdam. Berikutnya Book Launch and Discussion: TAKDIR The Biography of Prince Diponegoro. Buku ini dikarang oleh Peter Carey. Di dalam buku ini dipaparkan tentang Pangeran Diponegoro dalam segala aspek. Pangeran Diponegoro seorang yang agamis. Termasuk kelemahan Pangeran Diponegoro terhadap wanita. Mengumpulkan informasi tentang Pangeran Diponegoro dan menyusunnya dalam sebuah buku berjudul Takdir mempertemukan Peter Carey dengan takdirnya menikahi salah seorang wanita Jawa. Di benak saya muncul pertanyaan mengapa yang banyak tertarik pada sejarah kita adalah orang-orang asing, mengapa kita sebagai warga negara Indonesia seakan lebih suka melupakan sejarah kita sendiri? Produk-produk luar negeri lebih menarik untuk kita simak. Ataukah pertanyaan itu hanya tertuju kepada saya, seorang penggila K-Drama?
Tanggal 7 Juni 2014. Hari terakhir pelaksanaan MIWF 2014. Jadwal pelaksanaan MIWF ditangan saya menjadi sangat lecek.  Mata saya bolak-balik membandingkan Book Launch, Indonesian Literary Communities dan Workshop tentang Travel. Haaaah susahnya memutuskan harus mengikuti yang mana, waktu pelaksanannya bersamaan pukul 16.00. Dan akhirnya pilihan saya jatuh ke …. Eng…ing…eng… apa itu? Hahaha… Pemenangnya adalah Indonesian Literary Communities. Di acara ini menghadirkan 6 penulis undangan dari berbagai kota. Amaya Kim, Pringadi AS, Saddam HP, Deddy Arsya, Louie Buana dan Ran Jiecess. Mereka bercerita tentang kebutuhan penulis akan komunitas. Namun Deddy Arsya berbeda dari yang lainnya, penulis dari Padang. Dia menjamin lima tahun terakhir ini tidak ada komunitas yang bertahan di Padang, kecuali di kampus–kampus. Untuk berdiskusi tentang karya sastra cukup ke kedai-kedai (kita menyebutnya CafĂ©). Dia sangat mengkhawatirkan penulis-penulis dan karya sastra di Padang akan musnah jika seperti ini.      

Hanya ini acara MIWF yang sempat saya ikuti.
***

 “Waow keren, saya ingin ikut ini, ini, ini, dan ini,” kataku pada seorang teman sambil memberi tanda contreng pada beberapa workshop, book launch, dan beberapa acara lainnya di selebaran jadwal MIWF.
Tapi tiba-tiba mataku terbelalak melihat waktu pelaksanaannya. Acara yang sudah kutandai untuk diikuti ternyata bersamaan antara satu dengan yang lain. Ahhh saya benar-benar kecewa pada MIWF, terlalu banyak acara yang ingin saya ikuti. Tapi waktu yang ‘bertabrakan” memaksa saya untuk memilih dan mengabaikan acara yang lain.
Acara ini terlalu keren. Terlalu menarik untuk dilewatkan. Sukses untuk MIWF berikutnya. Semoga umur panjang masih menjadi milik kita sehingga di tahun mendatang kita bisa kembali duduk bersama dalam perbincangan yang luar biasa. Satu pi harapanku gang, tahun depan saya ingin menjadi salah satu volunteer untuk MIWF. (Muj)

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Baru belajar sdh dibilangi mantap mentong.
      Aiiihhh jgn seperti itu nanti sy berhenti bgmn? Hehehehehe

      Hapus
  2. Kekecewaan yg WOW :)
    Memang acaranya keren2 sayangnya banyak yang paralel yah :)

    Smoga panjang umur ke MIWF tahun depan. Semoga kak Lily dan segenap kurator dan panitia diberi kesehatan untuk kembali menyusun rencana buat tahun depan .. aamiin :)

    Makasih sharingnya Ida :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak Niar sdh menerima sy di IIDN semoga bs eksis kayak kita.

      Aamiin....siapa tau IIDN Mks punya andil jg di MIWF

      Hapus