Rabu, 29 Oktober 2014

Melacak HP Android yang Hilang



Dizaman yang serba susah ini, sebagian orang menghalalkan segala cara untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Salah satunya mencuri. Sehingga memiliki barang mewah harus diiringi tingkat
kewaspadaan tinggi. Lengah sedikit kita bisa kehilangan. Jangankan barang mewah, asalkan bisa ditukar dengan rupiah barang apapun akan diembat oleh mereka yang tidak bertaggung jawab. 

Berjalan dikeramaian seringkali kita mendengar ada yang kehilangan barang. Entah itu dompet ataukah hadnphone alias HP. Atau malah kita pernah kehilangan. Dan mengetahui kehilangan itu sakitnya tuh disini (sambil megang dada hahahaha…). Kehilangan barang seperti HP dikeramaiaan itu sangat susah untuk bisa kembali ketangan kita. Namun seiring perkembangan teknologi yang pesat maka diciptakanlah HP pintar atau yang kita kenal dengan  Smartphone. Salah satunya HP berbasis Android. Kehilangan HP android ternyata bisa dilacak lho… Bagimana caranya?

Setiap HP android dilengkapi fitur GPS (Global Positioning Global). Fitur itu yang bisa digunakan melacak HP yang raib diembat maling. Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk melacak HP kamu yang telah berpindah tangan.

  1. Pastikan akun Google Gmail yanag terdaftar di HP android kamu ingat. 
  2. Pastikan androidmu terhubung dengan internet. 
  3.  Buka Android Device Manager melalui browser. 
  4.  Android Device Manager akan melacak lokasi android secara otomatis dan menampilkan lokasinya langsung ke maps. 
  5. Di Android Device Manager juga terdapat dua opsi, yaitu Ring (membunyikan android dengan suara maksimum), dan Set Up Lock & Erase (mengunci android dan menghapus data di dalamnya).

Selain cara diatas, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak HP android. Aplikasi ini tersaji di Google Play Store, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Aplikasi yang bisa didapatkan gratis adalah Wheres My Droid, AndroidLost, SeekDroid: Find My Phone, Antiroid Theft, Cerberus, Prey Anti Theft, dan Find My Phone.

Semoga bermanfaat yah untuk yang lagi merasakan “sakitnya tuh disini” karena kehilangan android kesayangan. Selama masih berjodoh, pasti HPnya akan kembali. But… saya berharap gak ada yang kehilangan deh, atau kita doakan saja tuh para maling di beri hidayah dan berhenti mengambil sesuatu yang bukan haknya.

Sumber: Harian Fajar Makassar edisi Rabu, 29 Oktober 2014

2 komentar:

  1. Benar ... benar .... "sakitnya tuh di sini" :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hp jadul saja hilang kak na sudah "sakitnya tuh disini", apalagi kalau android hehehehe

      Hapus