Sabtu, 27 Juli 2013

KUE LIDAH KUCING

Setiap menjelang lebaran ibu-ibu dan putri-putri mereka pasti sibuk menyiapkan kue kering. Tradisi yang sama dari tahun ke tahun. Sama juga di rumah kami, mama dibantu adik perempuanku pasti sibuk juga membuat kue kering. Biasanya seminggu menjelang lebaran. Saya itu paling gak suka
bantuin bikin kue kering, membosankan karena menyita banyak waktu sementara banyak kerjaan yang harus saya selesaikan. Jadi tiap tahunnya itu kerjaanku yah bebersih rumah. Tapi tahun ini beda, kali ini saya semangat banget untuk membuat kue. Saya ingin sekali membuat kue lidah kucing. Pastilah sudah pada tau bikinnya bukan menggunakan lidah kucing tapi bentuknya yang menyerupai lidah kucing. Karena penasaran apa bahan dan gimana cara bikinnya jadi saya googling saja. Berikut ini hasil pencarian saya.
BAHAN :
250 gr tepung terigu
250 gr margarin
150 gr gula halus
1/2 sendok teh vanili bubuk
5 putih telur kocok hingga kaku

CARA MEMBUAT :
1. Panaskah oven pada suhu 160 derajat Celcius. Olesi loyang pipih atau loyang khusus lidah kucing dengan margarin, sisihkan.
2. Kocok margarin bersama gula halus hingga lembut, masukkan vanili bubuk dan tepung terigu, aduk rata.
3. Campur adonan dengan putih telur yang telah dikocok kaku, aduk rata.
4. Masukkan adonan ke dalam plastik bening segitiga, potong ujungnya sedikit dan semprotkan kue ke loyang secukupnya sampai adonan habis.
5. Panggang kue sampai berwarna kecoklatan dan matang selama +/- 15 menit, angkat.
6. Dinginkan dan simpan dalam stoples kedap

Sudah dulu yah saya mau hunting bahan dan cetakannya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang juga ingin belajar membuat kue ini, semoga kita berhasil deh dengan resep ini hehehehe.... 

Fighting!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar