Sabtu, 01 November 2014

Menginstal Printer HP Laserjet 1010 di Windows 7


Siang itu kami memutuskan untuk membeli printer baru. Karena Printer HP laserjet 1010 yang telah lama nangkring di atas meja tidak bisa terinstal di laptop yang menggunakan windows 7. Bukan cuma
sekali aku melakukan penginstalan. Tapi tetap tidak berhasil. Kucoba menginstal printer ini keberapa laptop tetap tidak bisa. Bahkan komputer di rumah pun printer ini tidak bisa terpasang. Aku pun menyerah tanpa tahu masalahnya. Mungkin printer ini telah rusak, pikirku.

Setelah rehat beberapa saat, aku membuka keterangan produk. Ternyata masalah bukan terletak pada printernya tapi OS (Operating System) pada laptop dan komputer yang coba kuinstal driver printer HP laserjet 1010  ini menggunakan windows 7. Sedangkan windows 7 tidak didukung oleh driver resmi HP tipe ini. Berdasarkan keterangan produk, printer ini hanya cocok untuk linux dan windows XP.

Kali ini pun aku berpikir menyerah saja pada printer ini. Jika drivernya saja tidak cocok begini dengan windows bagaimana bisa berharap pada printer jadul dan bermandikan debu ini.
Aha, kenapa tidak mencoba bertanya pada om Google,” pikirku kemudian. Om Google, atau mbah Google adalah istilah yang sering digunakan pengguna dunia maya yang hobbi googling mencari kajian tentang suatu bahasan.

Dari hasil gooling inilah, aku memperoleh cara menginstal Printer HP laserjet 1010 dari http://acennova.wordpress.com/2013/09/06/cara-instalasi-printer-hp-laserjet-1010-di-windows-7/
Nah, berikut ini langkah-langkahnya:.
  1. Sambungkan USB printer ke USB port computer atau laptop
  2. Masuk ke Devices dan Printers
  3. Klik Add Printer
  4. Klik Add a Local printer
  5. Pada Use existing port : pilih DOT4_001 (port kepunyaan printer HP Laserjet)
  6. Pilih manufacturer : HP dan pilih jenis Printers: HP Laserjet 3055 PCL5 (HP).
Jika tidak ada list printer tersebut, ada 2 tombol di bawahnya (Windows update dan Have disk). Pilih Windows Update dengan catatan komputer harus terhubung ke internet, memerlukan waktu lama, bisa 30 menit lebih tergantung koneksi internetnya. Bahkan bisa gagal karena tidak bisa terkoneksi dengan servernya. Jika komputer berhasil melakukan update, maka akan muncul daftar printer yang menggunakan port tersebut.
  1. Pilih manufacturer : HP dan pilih jenis Printers: HP Laserjet 3055 PCL5 (HP). Jangan sampai salah karena ada juga yang HP Laserjet 3055 PCL5 (Microsoft).
  2. Beri nama pada printer. Printer Name : HP Laserjet 3055 PCL 5 (bisa diganti sesuai dengan keinginan, misal HP Laserjet 1010)
  3. Instal printer.
  4. Printer sharing. Kalau tidak mau sharing, langsung ke Test Page. Tapi jika mau di sharing juga ke homegroup, silakan diisi Share Name dan keterangan lainnya
  5. Set default printer atau tidak, dan terakhir print test page.
  6. SELESAI

Akhirnya printer kembali bisa digunakan, dan uang pembeli printer baru bisa dialokasikan untuk yang lain. Tapi ada catatannya:
“Walaupun driver sudah terpasang dengan baik, kadang-kadang printer HP Laserjet 1010 tidak bisa digunakan mencetak. Munculnya cuma sebaris kalimat Unsupported Personality: PCL. Solusinya: matikan printer, kemudian nyalakan kembali. Printer bisa digunakan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar